loading...

Saturday 29 March 2014

berbahaya kebiasaan

Sumatra Cyber ~ Saat menjalani aktivitas sehari-hari, masing-masing orang memiliki kebiasaan yang ia lakukan misalnya saja bersila atau duduk sambil menumpangkan lutut yang dikenal bisa berbahaya bagi kesehatan.

Nah, selain itu ada lho beberapa kebiasaan sehari-hari lainnya yang dianggap lumrah padahal bisa merusak kesehatan Anda, seperti dilaporkan Prevention dan dikutip dari Healthy Living MSN, Selasa (25/3/2014) berikut ini:

1. Berdiri dengan 'mengunci' lutut


Berdiri sambil meninggikan atau menekuk lutut memang terasa lebih mudah tapi sekaligus menambah tekanan pada sendi lutut. Sebab, sendi distabilkan oleh aktivasi otot-otot di sekitarnya. Menurut spesialis ortopedi di Hoag Orthopedic Institute di Irvine, California David W Kruse, MD, ketika seseorang berdiri dengan lutut terkunci, otot di lutut tak digunakan dengan efisien sehingga kekuatan sendi terpaksa harus ditingkatkan.

2. Tidur tengkurap


"Tidur seperti ini menempatkan leher Anda dalam posisi miring di belakang yang bisa menyebabkan rasa sakit atau mati rasa ekstrem di leher. Sebab, saraf terkompresi ketika kepala miring ke belakang," terang ahli bedah tulang belakang di Hoag Orthopedic Institute, Richard Lee, MD.

3. Memakai ikat pinggang terlalu ketat


Kepala gastroenterologi di St Vincent Medical Center, Los Angeles, Patrick Takahashi, MD mengatakan ikat pinggang yang terlalu ketat bisa menekan intra-abdomen dan menimbukan refluks asam. Ia menyarankan gunakan ikat pinggang yang lebih longgar dari ukuran pinggang celana Anda.

4. Duduk dengan posisi merosot ke bawah


Duduk dengan posisi seperti ini dikatakan ahli bedah ortopedi di Carolina Selatan, David Geier, MD bisa menyebabkan nyeri bahu karena otot stabilisator bahu dikompresi oleh tulang belikat. Postur tubuh yang buruk juga bisa menyebabkan ketidakseimbangan otot yang mengakibatkan kompresi lebih lanjut.

5. Menyetir jarak jauh tanpa istirahat


Menyetir tanpa henti bisa mengakibatkan terkumpulnya darah di kaki yang bisa menyebabkan pembekuan. Setelah berkendara sekitar 160 km, berhentilah berkendara dan berjalan-jalanlah untuk meningkatkan aliran darah dan mengurangi peradangan. Lakukan hal yang sama ketika Anda terbang jarak jauh dengan pergi ke kamar mandi.


6. Langsung melakukan peregangan sehabis bangun tidur

"Cakram tulang belakang akan terhidrasi selama tidur sehingga menimbulkan lebih banyak tekanan. Saat Anda bangun dan langsung melakukan peregangan bisa membuat sakit punggung dan leher," papar konsultan pengobatan sakit punggung dan leher kronis, Ted Dreisinger, PhD, FACSM.

7. Menahan buang air kecil


Menurut Riya Pulicharam, MD, direktur penelitian klinis Healthcare Partners Medical Group di Los Angeles, menahan buang air kecil bisa membuat wanita berisiko mengalami infeksi saluran kemih. Apalagi uretra wanita lebih pendek dan lebih dekat dengan vagina. Bakteri dalam urine pun lebih cepat berkembang biak.

8. Mengunyah permen karet


"Mengunyah permen karet terlalu sering dan dalam waktu yang lama bisa membuat sendi rahang bergerak dengan konstan. Akibatnya, bisa terjadi kerusakan atau ketidaknormalan dalam otot rahang," jelas Don C Atkins, DDS, dokter gigi di Long Beach, California.

9. Membawa tas di bahu


Meski terlihat feminin, membawa tas di bahu bisa menimbulkan ketidakseimbangan otot dan nyeri bahu. Jika dilakukan terus menerus, akibatnya bahu Anda bisa berbentuk asimetris. Sebaiknya, gantilah posisi membawa tas selama beberapa hari sekali untuk memberikan kesempatan otot agar terus bergerak.
loading...