loading...

Friday 22 May 2015

kompetisi sepakbola tertua di dunia youdan cup

Sumatra Cyber ~ Selama ini banyak orang berpikir bahwa kompetisi sepakbola tertua di dunia adalah FA Cup, tetapi tahukah anda bahwa sebenarnya Youdan Cup adalah kompetisi sepakbola tertua di dunia. Piala Youdan diselenggarakan di Sheffield, Inggris, pada 16 Februari hingga 9 Maret 1867. Lebih tua dari FA Cup (1871). Penggagas sekaligus penyandang turnamen ini yaitu Thomas Youdan, seorang pemilik bioskop dan pecinta sepak bola. Piala yang terbuat dari perak sempat hilang hingga pada tahun 1997 dan dibeli kembali oleh Hallam FC dengan harga 1.600 Pounds Inggris.

kompetisi sepakbola tertua di dunia youdan cup

1867
Piala Youdan diselenggarakan pada 16 Februari hingga 9 Maret 1867, lebih tua empat tahun dibandingkan Piala FA (1871). Penggagas sekaligus penyandang nama turnamen ini bernama Thomas Youdan, seorang pemilik bioskop dan pecinta sepak bola.

12 Klub
Terdapat 12 klub yang berpartisipasi dalam Piala Youdan, yakni Broomhall, Fir Vale, Garrick, Heeley, Mackenzie, Mechanics, Milton, Norfolk, Norton, Pitsmoor and Wellington, dan Hallam FC. Klub yang disebut terakhir sukses merengkuh trofi juara.

Hallam FC
Di antara ke-12 partisipan Piala Youdan, hanya Hallam FC yang masih eksis sampai saat ini. Klub asal Sheffield tersebut kini berada di Northern Counties East League alias kompetisi kasta ke-10 dalam piramida sepak bola Inggris.

100.000 Pounds
Nilai trofi Piala Youdan berada di kisaran 100.000 pound (sekitar 1,8 miliar rupiah). Hallam FC selaku pemilik trofi tidak berniat menjualnya karena menganggap benda berbahan perak itu sebagai harta yang tak ternilai.

kompetisi sepakbola tertua di dunia youdan cup

sumber: wikipedia, bolanews
loading...