loading...

Saturday 26 October 2013


Kata "Indonesia" berasal dari kata dalam bahasa Latin yaitu Indus yang berarti "Hindia" dan kata dalam bahasa Yunani nesos yang berarti "pulau". Jadi, kata Indonesia berarti wilayah Hindia kepulauan, atau kepulauan yang berada di Hindia, yang menunjukkan bahwa nama ini terbentuk jauh sebelum Indonesia menjadi negara berdaulat.Pada tahun 1850, George Earl, seorang etnolog berkebangsaan Inggris, awalnya mengusulkan istilah Indunesia dan Malayunesia untuk penduduk "Kepulauan Hindia atau Kepulauan Melayu".

Dulunya wilayah ini, (Indonesia) ditempati banyak Kerajaan – Kerajaan sebelum akhirnya diubah namanya oleh belanda menjadi Hindia Belanda dan wilayah ini sering disebut juga Nusantara.
Banyak orang mengatakan bahwa negara indonesia dijajah oleh beberapa negara, seperti portugis, belanda, jepang dan lainnya. Dan yang paling lama menjajah adalah negara belanda dalam jangka waktu 3,5 abad atau 350 tahun.


Kalau kita pikir-pikir, Negara indonesia baru diakui negara pada tahun 1945 dan saat ini (tahun 2013) negara ini sudah berumur 68 Tahun. Dan orang mengatakan bahwa indonesia telah dijajah belanda selama 350 tahun padahal umur negara ini baru 68 tahun.

Yang sebenarnya dijajah adalah kerajaan-kerajaan yang berada di nusantara, bukan Indonesia !
loading...