loading...

Tuesday 18 November 2014

pengalihan isu pemberitaan di indonesia

Sumatra Cyber ~ Apakah pernah terfikir di benak anda tentang fenomena yang sering terjadi di Indonesia ? Setiap akan atau terjadinya suatu peristiwa pasti ada pengalihan isu yang dilakukan oleh pihak tertentu. Contohnya saja, ketika ada peperangan di Gaza dan polemik  pemilu presiden di Indonesia pada bulan April lalu isunya dialihkan ke isu pemberontakan ISIS, bahkan pemberitaannya sampai berbulan lamanya. Kasus lain seperti, salah satu pejabat parpol yang korupsi lalu dialihkan kepada isu terorisme. Baru-baru ini kasus BBM yang dialihkan isunya ke pemberitaan dosen dan mahasiswa nyabu di  kamar kos.


Biasanya orang yang berperan dalam pengalihan isu disebut spin doctor. Orang inilah yang berperan sangat besar dalam menggiring opini publik dan pemecah perhatian publik terhadap suatu peristiwa. Senjata utama spin doctor ini melalui televisi dan internet karena penduduk Indonesia sudah mempunyai televisi dan koneksi internet yang luas dan pemberitaannya pun juga sangat cepat kepada publik.

Isu terorisme seringkali menjadi senjata untuk pengalihan isu yang mana akan dikeluarkan disaat waktu yang tepat pula. Jadi apabila ada suatu kasus yang menimpa di Indonesia pasti ada orang-orang yang tidak senang dengan pemberitaan tersebut. Maka disini adanya peran spin doctor untuk mengeluarkan pemberitaan pengalihan isu di media dalam memecah perhatian publik agar jangan sampai publik sampai terfokus dengan pemberitaan tersebut.
loading...