loading...

Tuesday 10 September 2013



Sumatra Cyber ~ Di dunia ini, terdapat 3 kota yang dulunya laut/perairan lalu disulap menjadi daratan. Pembangunan yang memerlukan triliunan uang untuk membangun sebuah kota yang dulunya laut menjadi daratan. Penasaran kan kota apa saja ? Simak artikel berikut ini.

Belanda merupakan salah satu negara yang terpadat di dunia dan kebanyakan tanahnya berada di bawah permukaan laut. Belanda juga terkenal dengan dijk (tanggul), kincir angin, terompa kayu, tulip dan sifat terbuka masyarakatnya. Tahukah anda daratan terendah diatas permukaan laut juga terdapat di Belanda. Lantas kenapa bisa sebuah kota yang dulunya lautan menjadi daratan ? Itu karena ada proyek dam / bendungan.

Bendungan pertama dibangun Belanda seribu tahun lalu, danau-danau dikeringkan, polder dibuat, dan ketinggian air dikontrol agar daratan Belanda tetap mengapung. Memang luar biasa daya juang Belanda dalam mengendalikan dan bertarung melawan alam. Tiga belas bendungan raksasa dibangun secara bertahap selama 39 tahun.

1. Rotterdam



Bendungan pertama selesai dibangun pada 1958 di Sungai The Hollandse Ijssel, sebelah timur Rotterdam. Kemudian dibangun bendungan The Ooster Dam (The Oosterschelde Stormvloedkering), yang panjangnya hampir mencapai 11 kilometer. Bendungan ini membentengi seluruh daratan Zeeland yang langsung berhadapan dengan bagian Laut Utara. Bendungan terakhir yang selesai dibangun adalah The Maeslantkering pada tahun 1997 yang tepatnya berada di muara Nieuwe Waterweg, ( kanal yang menjadi gerbang masuk ke Pelabuhan Rotterdam ).


2. Amsterdam


Amsterdam, Ibu kota belanda ini dulunya juga lautan, lalu dilakukanlah damisasi karena dulu daratan Belanda sangat sedikit lalu dilakukanlah dam untuk menambah wilayah daratan Belanda. Nama kota ini berasal dari kata Amstelredamme, yang merupakan asal usul kota ini, yaitu sebuah bendungan di sungai Amstel. Dulunya dihuni sebagai desa nelayan kecil pada akhir abad ke-12, Amterdam menjadi salah satu pelabuhan terpenting di dunia selama Masa Keemasan Belanda, akibat pengembangan perdagangan yang inovatif.


3. Nieuwerkerk aan den IJssel



Nieuwerkerk aan den IJssel, adalah sebuah gemeente Belanda yang terletak di provinsi Zuid Holland. Pada tahun 2003 daerah ini memiliki penduduk sebesar 22.380 jiwa. Bisa anda lihat pada gambar diatas betapa rendahnya daratan pada salah satu sungai di Belanda ini. Di kota inilah daratan yang paling rendah di muka bumi yang berada 6.76 meter dibawah permukaan laut.
dam belanda http://sumatracyber.blogspot.com/

Permukaan tertinggi dari Belanda ialah di Vaalserberg, yang berada di provinsi Limburg, mempunyai ketinggian 321 m.

Tahukah anda dari manakah Kerajaan Belanda mendapatkan dana yang besar untuk membangun 3 kota tersebut ? Ya, dari Indonesia ! Sewaktu Belanda menjajah selama 350 tahun, Belanda mengeruk hasil sumber daya alam Indonesia lalu dibawa ke negerinya melalui VOC .
loading...