loading...

Monday 22 September 2014



Sumatra Cyber ~ Presiden, jabatan paling tinggi di suatu negara dan sangat strategis tentunya mempunyai banyak harta yang bergelimpangan.

Namun, beberapa presiden di dunia ada yang bergaji kecil, bahkan lebih kecil dari rata-rata gaji warga Amerika Serikat pada umumnya.

Berikut ini 5 presiden termiskin di dunia seperti dikutip dari therichest.com, yang menjadi contoh bahwa penghargaan hidup seorang pimpinan tidak selalu berjalan beriringan dengan bergelimang harta.

1. Paus Francis, Vatikan - US$0


Ilustrasi/Bisnis.com


Secara teknis Paus bukanlah presiden, tetapi sebagai pimpinan Katolik, Paus merupakan pemimpin di dunia yang berpengaruh.

Paus Franciscus merupakan penguasa mutlak di Kota Vatikan, negara terkecil di dunia juga sebagai kepala Gereja Katolik Roma dan Uskup Roma. 

2. Hamid Karzai, Afghanistan- US$6.300




Hamid Karzai lahir pada 1957, berasal dari keluarga politik, ayahnya adalah Wakil Ketua Parlemen pada 1960, kakeknya adalah Wakil Ketua Senat pada 1920 dan pamannya adalah wakil Afghanistan di PBB pada era 1960-an. Karzai sendiri belajar ilmu politik di Universitas Himachal Pradesh di India dan memperoleh gelar master.

Ada beberapa kontroversi mengenai gaji Karzai, seperti pada 2010, dilaporkan dia secara resmi menerima gaji US$525 per bulan.

3. Jose Mujica, Uruguay- $12.000



Pemimpin yang sederhana dari Uruguay ini hanya tinggal di sebuah kampung peternakan saja, lebih tepatnya di kediaman istrinya sendiri. Ia menolak gaji besar dan menyumbangkan 90% gajinya kepada fakir miskin dan pengusaha kecil. Dan ia pun menolak segala fasilitas yang diberikan negara kepadanya.

4. Robert Mugabe, Zimbabwe- $20.000




Seorang presiden dari selatan Benua Hitam ini hanya menikmati gaji sedikit daripada presiden lainnya di dunia. Zimbabwe sendiri negara dengan angka terbanyak busung lapar dan berbagai penyakit dan merupakan salah satu yang termiskin di dunia dengan angka inflasi yang sangat tinggi.

5. Borut Pahor, Slovenia- $44.280





Sekian potret para pemimpin dunia yang patut dicontoh dan diteladani tentunya. Semoga banyak lagi pemimpin yang memerhatikan rakyatnya dan tidak memakan gaji buta.
loading...