loading...

Friday 28 June 2013



Sumatra Cyber ~ Puasa yang menjadi amalan ibadah bagi umat muslimin mempunyai berbgai hikmah dan manfaat. Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan, puasa mempunyai manfaat untuk kesehatan. Jadi berbahagialah anda yang rutin menjalankan ibadah puasa karena juga menjaga tubuh anda tetap sehat.

Berikut adalah 7 manfaat puasa bagi kesehatan :

1. Mendetoksifikasi Tubuh


Manfaat terbesar dari menjalankan puasa adalah mendetoksifikasi tubuh atau membersihkan jaringan organ dalam tubuh secara alami. Mesin dalam tubuh memerlukan pembersihan minimal seminggu sekali. Bayangkan jika tubuh anda adalah mesin yang terus menerus bekerja tanpa henti.

2. Menurunkan Berat Badan


Jika Anda ingin menurunkan berat badan, berpuasalah!. Puasa mengurangi sel-sel lemak dalam tubuh dan membakarnya menjadi energi. Puasa merupakan alternatif terbaik mengurangi konsumsi lemak dalam tubuh.

3. Mengistirahatkan Sistem Pencernaan

Tidak hanya kaki, tangan, dan kepala, sitem pencernaan dalam tubuh juga butuh istirahat. Selain itu juga mempermudah proses glukosa yang dalam melepaskan lebih banyak insulin, sehingga menurunkan kadar gula dalam darah secara signifikan.

4. Membuang Zat Dalam Tubuh Yang Tidak Sehat



Puasa seminggu 2 kali membantu tubuh anda dalam membuang racun, lemak dan karbohidrat yang hadir dalam makanan olahan. Dengan demikian puasa juga membuat tubuh Anda lebih bugar setiap hari.

5. Membuat Tubuh Anda Lebih Ringan


Berpuasa menghindarkan anda dari perut kembung dan berat dalam melakukan aktivitas seperti akibat karena makan besar.

6. Meningkatkan Kejernihan Mental



Tidak hanya bermanfaat secara fisik, tetapi orang yang berpuasa juga mempunyai manfaat dalam masalah mental. Puasa meningkatkan kejernihan mental, meningkatkan kesadaran spiritual yang selanjutnya juga membuat tubuh kebal dari penyakit.

7. Manfaat Puasa Lainnya



Manfaat puasa untuk kesehatan yang lain adalah, meningkatkan relaksasi, menghambat penuaan, tidur lebih nyenyak, kulit lebih bercahaya, revitalisasi, mengurangi alergi dan meningkatkan sensitifitas rasa, penglihatan dan pendengaran.

Itulah 7 manfaat dari puasa bagi kesehatan yang menjadi hikmah tersendiri.
loading...